Apa sih itu SSD ?



Hai ! Kali Ini saya ingin membuat artikel tentang SSD , Apa itu SSD ? Solid State Drive,SSD adalah perangkat penyimpanan data yang menggunakan IC sebagai memori yang digunakan untuk menyimpan Data kamu.

Hasil gambar untuk ssd terbaik

Gambar SSD (Source:Google  Images)

Sebenernya sih ya,SSD itu mirip sama Flashdisk.Jadi Sama-sama menggunakan IC untuk menyimpan data kamu,Tapi SSD dibuat lebih canggih dari pada Flashdisk.
Saya dulu,Sebelum Kenal SSD , Saya Pakai Harddisk Bedanya SSD sama Harddisk ,kalau Harddisk itu ada Piringan , kalau SSD menggunakan IC.Saya Menjelaskan Secara singkat saja.
Tapi Berdasarkan Pengalaman saya, Sekarang ini kinerja Harddisk makin lama makin lemot,saya sekarang mengginakan MacBook 2016 yang sudah ada SSD nya.Pertama kali saya menggunakan SSD sebagai sistem operasi utama saya,jauh lebih kencang dari pada harddisk.jadi saya sekarang lebih menggunakan SSD.

Komponen Dalam SSD

Umumnya SSD menggunakan apa yang disebut flash memori berbasis NAND. Ini merupakan jenis memori Non-Volatile. Sederhananya, Non-Volatile berarti memori tersebut tetap bisa menyimpan data walaupun tegangan suplai nya dimatikan. Ini merupakan prinsip dasar dari sebuah memori permanen seperti halnnya USB Flash drive.
Pada awalnya, banyak yang meragukan ketahanan data yang tersimpan di dalam memori jenis ini. Mereka beranggapan data hanya bisa tersimpan untuk beberapa tahun saja. Data akan lenyap jika disimpan lebih lama lagi. Namun kenyataannya tidak demikian apalagi dengan teknologi yang terkini. Bahkan data bisa tersimpan dengan aman hingga 200 tahun.

0 Response to "Apa sih itu SSD ?"

Post a Comment